Berikut berapa contoh dari search engine :


Google (www.google.com)



Google diluncurkan sejak tahun 1998. Google ini termasuk dalam kategori Hybrid Search Engine. Google menyediakan jasa pencarian berita, artikel, gambar serta arsip UNESET (newsgroup), serta direktori. Keunggulan dari google ini terletak pada pencarian teks, terutama algoritma PageRank, databasenya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya. Akan tetapi google juga mempunyai kelemahan yaitu tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio yang lebih spesifik.

Kelebihan :
  • Tampilan sederhana.
  • Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
  • Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
  • Satu-satunya mesin pencari yang memilki cache. Dengan adanya cache ini, pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
  • Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan, dan lain - lain.


Kekurangan :
  • Menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Para spamer ini memanfaatkan celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Pencarian pun terasa tergangggu.

 Yahoo! (www.yahoo.com)



Yahoo diluncurkan sejak tahun 1994. Dan yahoo tergolong kategori Human Organized Search Engine. Yahoo adalah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Yahoo merupakan mesin pencaru tertua. Halaman utama dari yahoo ini tidak terlalu ramah untuk pencarian, akan tetapi Yahoo! menyediakan search. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan dari Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar. 

Kelebihan :
  • Cara surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju.
  • Salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis.
  • Banyak fasilitas yang disediakan, seperti Y!M.
  • Sudah ada di banyak negara.
Kekurangan :
  • Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn.
  • Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan.
  • Fitur Y!M masih sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows.
  • Skin untuk Y!M masih sangat simple.


Bing (www.bing.com)



Bing adalah mesin pencari yang berada dibawah naungan Microsoft. Bing ini bentuk reinkarnasi dari mesin pencari terdahulu seperti Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Kelebihan :
  • Gambar latar belakang yang variatif (berganti-ganti).
  • Terdapat fasilitas instant answer. Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan Bing memberikan jawaban. Selain itu, performa lain yang dimiliki oleh Bing adalah kemampuan yang dimilikinya dalam menginterpretasikan sebuah kalimat pertanyaan bahkan sampai ke hal-hal yang yang berkaiatan dengan persoalan di bidang matematika atau hitungan.
  • Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail. Apabila pengguna melakukan pencarian situs atau halaman web yang berisi konten image, maka Bing mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan detail. Hasil pencarian tersebut ditampilkan dalam bentuk thumbnail yang dapat diperbesar atau diperkecil dengan memanfaatkan fasilitas seperti Zoom, yang terbagi lagi menjadi Zoom small, Zoom medium, Zoom large, serta disertai juga dengan Show image details. Show image details ini berfungsi dalam menyajikan image thumbnail dan informasi tentang gambar tersebut.
  • Kotak detail pada link hasil pencarian. Jika pada situs-situs mesin pencari lainnya, pengguna harus mengklik link yang ditampilkan di halaman tersebut untuk mengetahui isinya. Namun, pada Bing ini, pengguna tidak perlu mengklik link lagi, tetapi hanya perlu mengarahkan kursor pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Melalui kotak detail inilah pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut.
  • Sistem filternya bisa kita aktif kan atau di non aktifkan, jadi dapat membuka situs yang diblokir.
  • Tampilan Bing Maps yang lebih interaktif. Bing Maps pun dapat memungkinkan pengguna untuk menampilkan beberapa area atau daerah secara tiga dimensi.
Kekurangan :
  • Tidak adanya geo-targeted, sehingga pencariannya masih kurang relevan, atau sesuai.
  •  Tidak adanya page rank, sehingga kurang efisien.
  • Fiturnya tidak lengkap.
  • Bing kurang di minati oleh pengguna.
  • Bing kurang cepat dalam pencariannya.


MSN (www.search.msn.com)



Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo!. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah. 

Kelebihan :
  • Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.

Kekurangan :
  • Membutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
  • Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.


Lycos (www.lycos.com)



Lycos termasuk dalam kategori Hybrid Search Engine. Lycos diluncurkan semenjak tahun 1995. Lycos adalah mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.

Kelebihan :
  • Lycos mampu mencari data dengan cepat.
  • Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
  • Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
Kekurangan :
  • Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
  • Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data.


AltaVista (www.altavista.com)



AltaVista termasuk dalam kategori Hybrid Search Engine. AltaVista diluncurkan semenjak tahun 1995. AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. AltaVista merupakan mesin pencari yang cukup populer dimata dunia.  Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.

Kelebihan :
  • Keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
  • Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
Kekurangan :
  • Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.

Leave a Reply