Pengertian Search Engine
Search Engine berarti mesin pencari, mesin penelusur, dan mesin pelacak. Search engine adalah sistem yang ada pada sistem tersebut diolah satu atau sekelompok komputer yang digunakan untuk melakukan pencarian data. Search engine juga berarti sebuah pemograman yang dibuat untuk membantu melakukan pencarian sebuah informasi. Selain itu, search engine merupakan program komputer yang dibuat untuk memudahkan, membantu, mempercepat seseorang untuk menemukan informasi atau data yang diinginkan.

Banyak orang yang menyangka bahwa search engine itu hanya digunakan pada internet, padahal search engine juga digunakan di dunia komputer lainnya. Seperti software, sistem operasi, dan lain – lain. Contoh :
  • Ketika mencari sebuah file yang tersimpan di hard disk komputer, jalan tercepat adalah membuka search pada sistem operasi yang dipakai dan memasukkan kata kunci yang diinginkan.
  • Ketika membuka suatu program dan ingin mengetahui kegunaan tools, maka dapat menggunakan pencarian (help) sehingga aoa yang ingin diketahui dapat terpenuhi.

Cara Kerja Search Engine
Memasukkan kata kunci (keyword) pada kolom pencarian kemudian mesin pencari akan melakukan pencarian pada database serta menampilkan hasil akurat yang memuat kata kunci tersebut dari database yang ada. Apabila pada database tidak ada kecocokan dengan kata kunci maka hasil pencarian tidak akan ditampilkan.

Penampilan pertama yang ditampilkan sesuai kata kunci yang diinginkan merupakan hasil yang paling akurat dengan kata kunci.

Untuk menjalankan tugasnya yaitu mengindex alamat – alamat website di internet, search engine atau mesin pencari memiliki program khusus yang sering disebut Spider atau Crawler. Saat mendaftarkan alamat website, spider dari search engine tersebut akan menerima dan menganalisa alamat website tersebut lalu mengcrawlnya.

Directory dengan Search Engine
Directory membangun sistem indexnya oleh manusia, sedangkan search engine membangun sistem indexnya oleh robot (spider). Directory dan search engine merupakan tipe dari perancangan informasi.

Search engine mempunyai program yang bernama Spider atau Crawl yang digunakan untuk menyeleksi atau menganaliasa URL yang sedang didaftarkan pada search engine. Directory mengindex hal web secara manual. Manual disini merupakan proses pengindexan sebuah hal dilakukan dengan tenaga manusia diterima atau tidaknya pada URL yang masuk. Directory tidak dilengkapi dengan Spider atau Crawl sehingga directory ini mempunyai database yang lebih kecil dibandingkan dengan search engine. Kelebihan dari directory ini adalah dapat menampilkan hasil yang begitu relevan dan berkualitas lebih baik. Karena database pada directory lebih kecil sehingga banyak perusahaan yang mengelola directory dengan Sistem Ganda. Sistem ganda ini adalah menggunakan search engine dengan directory secara bersamaan. Contoh perusahaan yang memakai sistem ganda ini adalah Yahoo yang menggandeng Google untuk dijadikan search engine default.

Leave a Reply