Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, Sistem Operasi adalah mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pengguna sehingga memudahkan dan kenyamanan penggunaan serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer. Sistem Operasi juga berarti software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

Pada pertengahan 60an, sistem operasi pertama yang dapat digunakan pada semua komputer adalah OS/360 dari IBM. OS/360 merupakan sistem pertama yang mensyaratkan sebuah mass storage, seperti harddisk.

Pada akhir 60an muncul prototipe untuk semua sistem operasi yang ada saat ini, yaitu Unix. Selain windows, semua sistem operasi yang ada seperti Linux, Mac OS X atau Solaris lahir dari Unix. Selama fase perkembangan bertahun-tahun, Unix melakukan banyak pembaruan yang sudah kita kenal saat ini, yaitu file system, yang secara hierarkis terbagi dalam direktori-direktori, sebuah kernel untuk mengakses hardware melalui device driver, memory virtualization beserta konsep file.

Dalam kebanyakan kasus, sistem operasi terpasang dan terdapat pada hard disk komputer. Pada komputer genggam dan banyak perangkat bergerak, sistem operasi tersimpan pada cip ROM.

Komputer-komputer dengan ukuran yang berbeda umumnya menggunakan sistem operasi yang berbeda. Sebagai contoh, komputer mainframe tidak mengguankan sistem operasi yang sama dengan PC. Bahkan komputer-komputer dengan jenis yang sama seperti komputer desktop mungkin tidak menggunakan sistem operasi yang sama. Lebih jauh lagi, peranti lunak aplikasi yang dirancang untuk sistem operasi tertentu tidak akan jalan ketika digunakan pada sistem operasi lainnya. Sebagai contoh, PC menggunakan Windows XP dan iMac menggunakan Mac OS X. Ketika membeli piranti lunak aplikasi, Anda harus yakin bahwa peranti lunak tersebut dapat bekerja pada sistem operasi yang terpasang pada komputer Anda.

Sistem Operasi yang digunakan sebuah komputer terkadang disebut platform. Pada peranti lunak yang dibeli, paket mengidentifikasikan platform (sitem operasi) yang diperlukan. Program lintas platform adalah program yang dapat berjalan pada berbagai sistem operasi.


Sumber :
Simarmata, Janner. 2005. “Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi”. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Shelly, Cashman, Vermaat. 2007. “Discovering Computers Menjelajah Dunia Komputer Fundamental Edisi 3”. Salemba Infotek. Jakarta.


Leave a Reply